Minggu, 18 November 2012

GEJALA KERUSAKAN PADA SISTEM AC MOBIL


GEJALA KERUSAKAN PADA SISTEM AC MOBIL

beberapa jenis gejala kerusakan, antara lain: kurangnya refrigeran, refrigeran yang tidak bersirkulasi, dan lain-lain.

anda dapat memahami mekanisme mengatasi masalah-masalah tersebut.

A. kurangnya refrigeran


pada kondisi ini terlihat gejala sebagai berikut:
a. udara yang keluar dari sistem pendingin tidak terlalu dingin.
b. pada kaca pengintai di dryer terlihat banyak gelembung.
c. pemeriksaan pada manifold gauge:
    - pengukur tekanan rendah: 0,77 kgf/cm2 (11 psi, 78 kpa)
    - pengukur tekanan tinggi: 8 kgf/cm2 (114 psi, 882 kpa)

kemungkinan penyebabnya: terdapat kebocoran pada siklus pendinginan.
pemecahannya: periksa kebocoran dengan menggunakan detektor kebocoran dan perbaiki.

B. pengisian refrigeran berlebihan

pada kondisi ini, terlihat gejala sebagai berikut.

a. pendinginan tidak maksimum.
b. pemeriksaan pada manifold gauge:
    - pengukur tekanan rendah: 2,5 kgf/cm2 (36 psi, 245 kpa)
    - pengukur tekanan tinggi: 20 kgf/cm2 (248 psi, 1.961 kpa)

kemungkinan penyebabnya:

a. pengisian refrigeran terlalu berlebihan.
b. kondensor tidak bekerja dengan baik.
c. kopling fluida kipas radiator mengalami slip.
d. tali kipas kompresor kendor.

C. terdapat udara didalam siklus

pada kondisi ini, terlihat gejala sebagai berikut.
a. ac tidak terlalu dingin.
b. pemeriksaan pada manifold gauge:
    - pengukur tekanan rendah: 2,5 kgf/cm2 (36 psi, 245 kpa)
    - pengukur tekanan tinggi: 23 kgf/cm2 (327 psi, 2.256 kpa)

kemungkinan penyebabnya:
. ada udara didalam siklus pendingin

pemecahannya:
a. periksa kotoran oli dan jumlahnya.
b. bila oli berwarna hitam (kotor), bersihkan dengan minyak tanah dan semprot dengan kompresor angin.
c. lakukan penyedotan kevakuman kembali
d. ganti receiver

D. terdapat uap air di dalam siklus

pada kondisi ini terlihat gejala sebagai berikut.
a. kadang dingin kadang tidak.
b. pemeriksaan pada manifold gauge:
    - pengukur tekanan rendah: 50 cmhg (0,67 kgf/cm2)
    - pengukur tekanan tinggi: 7-15 kgf/cm2
kemungkinan penyebabnya:
    pada expansion valve terjadi penyumbatan oleh gumpalan es.

pemecahannya:
a. ganti receiver/dryer
b. lakukan pemompaan kevakuman untuk membuang uap air.
c. perhatikan jumlah refrigeran yang sesuai sewaktu pengisian dilakukan.

E. refrigeran tidak bersirkulasi

pada kondisi ini terlihat gejala sebagai berikut.

a. ac tidak dingin
b. pemeriksaan pada manifold gague:
    - pengukur tekanan rendah: 76 cmhg (sangat rendah)
    - pengukur tekanan tinggi: 6 kgf/cm2 (85 psi/588 kpa)

kemungkinan penyebabnya:
- pada expansion valve terjadi penyumbatan.

pemecahannya:
a. lepas expansion valve, bersihkan dan tes. bila sudah rusak, ganti dengan yang baru.
b. ganti receiver/dryer.
c. perhatikan jumlah refrigeran yang sesuai pada saat dilakukan pengisian.


F. expansion valve tidak bekerja dengan baik

pada kondisi ini terlihat gejala sebagai berikut:
a. ac kurang dingin.
b. pemeriksaan pada manifold gauge:
    - pengukur tekanan rendah: 2,5 kgf/cm2 (36 psi atau 245 kpa)
    - pengukur tekanan tinggi: 19-20 kgf/cm2 (270-264 psi atau 1.863-1.961 kpa)

kemungkinan penyebabnya:
a. expansion valve rusak atau pemasangan heat sensitizing tube salah.
b. penyetelan aliran tidak baik.
c. terlalu banyak refrigeran dalam bentuk cair pada evaporator

pemecahannya:
a. periksa pemasangat heat sensitizing tube.
b. periksa expansion valve. bila rusak ganti dengan yang baru


G. tidak ada kompresi pada kompresor

pada kondisi ini terlihat gejala sebagai berikut.
a. ac tidak dingin
b. pemeriksaan pada manifold gauge:
    - pengukur tekanan rendah: terlalu tinggi
    - pengukur tekanan tinggi: terlalu rendah

kemungkinan penyebabnya:
a. kompresor rusak
b. katup kompresor rusak

pemecahannya:
a. bongkar dan perbaiki kompresor
b. ganti kkompresor dengan jenis dan kapasitas yang sama.

1 komentar:

  1. Pada saat pengisian freon jarun gauge hi dan low sama.
    Kran low dibuka freon mengalir,melewati 20 kompresor jalan.tp jarum hi tidak bertambah dan low tidak berkurang saat kran smua ditutup.
    Low 25 hi 25, bukankah seharus nya hi lebih tinggi saat komoressor sudah jalan. Kira2 apanya ya gan yang rusak

    BalasHapus